Ideologi Tidak Mati Karena Kekerasan

Ideologi Tidak Mati Karena Kekerasan
Saat ini kita melihat ada penurunan terhadap toleransi, baik antar umat beragama maupun dalam satu agama. Toleransi beragama akan dipengaruhi beberapa kondisi penting. Pertama, ketika kelompok yang berbeda mesti menerima kebebasan terhadap ideologinya sendiri. Bersamaan dengan itu, menerima pula kebebasan ideologi lainnya.

Jika seseorang menyerang kelompok lain karena dianggap berbeda dan sectarian, itu sama artinya dia menyerang kebebasan orang lain. Ketika kebebasan seseorang tidak lagi ada, siapapun tak lagi memiliki kebebasan itu, termasuk penyerangnya.

Kedua, dalam banyak kasus Negara menggunakan agama dan ideologi sebagai kekuatan untuk memapankan posisinya. Ketika mereka menggunakan kekuatan itu untuk menekan kelompok lain, meski tidak dalam bentuk nyata seperti undang-undang atau kebijakan  atau uang untuk institusi tertentu, itupun dalam wilayah intoleransi. Ini sama dengan mengambil kebebasan untuk berbeda dan menimbulkan oposisi untuk menggunakan kekuatan dalam menyampaikan ide-ide mereka.

Ketiga adalah problem yang sering terjadi dikalangan muslim sendiri. Yaitu merasa bahwa pemahaman mereka paling benar. Orang menganggap, bentuk Islam hanya satu dan hanya ada satu penafsiran. Ini merupakan masalah yang serius.

Bila tidak setuju dengan golongan atau ideologi tertentu, tidak tepat hal itu dihadapi dengan kekerasan, metode terbaik ketika melawan sebuah ideologi, yakni menawarkan argumentasi, fakta, pemikiran untuk membujuk orang agar berbalik arah.

Dengan kekerasan, tidak akan memenangkan  pertentangan ideologi tersebut. Ideologi tidak pernah bisa dibunuh dengan kekerasan. Malah sebaliknya ia akan membuka pemikiran kelompok lain untuk melakukan kekerasan jika suatu saat dihadapkan pada posisi yang berlawanan.

Kekerasan yang dilakukan terhadap kelompok yang dianggap sesat dan membahayakan malah menjadi boomerang. Hal ini akan membuat anda jadi target bagi kelompok yang lebih kuat ketika suatu saat kondisi berbalik. Dan itu tak akan pernah menyelesaikan masalah.

Masukan alamat Email kamu disini untuk mendapatkan artikel terbaru..!

0 komentar:

Posting Komentar

Thank you for your comments. Any comments irrelevant to the post and subject matter, containing abuses, and/or vulgar language will be deleted.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...